Cura Pessoal

Cura Pessoal

Manfaat Lompat Tali untuk Kesehatan – Buat yang dulunya rutin ke gym, sekarang mungkin sudah tidak lagi karena membawa risiko penularan di masa pandemik COVID-19. Akan tetapi, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk berhenti atau tidak berolahraga, karena rutin olahraga dibutuhkan untuk kebugaran dan kesehatan.

Nah, salah satu jenis olahraga yang bisa menjadi pilihan adalah lompat tali atau skiping, yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dilansir Pharmeasy, lompat tali merupakan latihan aerobik dan kardio yang bagus. Selain itu, manfaat kesehatannya pun banyak sekali!

1. Menjaga kesehatan tulang

Melansir dari http://curapessoal.com/ Healther Milton, CSCS, ahli fisiologi olahraga di Sports Performance Center, NYU Langone, Amerika Serikat, mengatakan kepada Women’s Health bahwa lompat tali dapat menjaga kesehatan dan kepadatan tulang dewasa.

Ia juga mengatakan bahwa lompat tali baik untuk membangun perkembangan tulang bagi remaja, terlebih remaja putri. Menurutnya, lompat tali yang dilakukan saat masa pubertas dapat membantu mencapai kepadatan tulang yang optimal. Ini karena perempuan akan lebih sulit untuk meningkatkan kepadatan tulang ketika berusia 20 tahun ke atas.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat sehat lainnya dari lompat tali adalah untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian http://162.241.118.60/ dalam Research Jurnal of Pharmacy and Technology tahun 2009, partisipan studi laki-laki dengan rentang usia 18-25 tahun mengalami kebugaran jantung secara signifikan selama 12 minggu setelah melakukan lompat tali secara rutin.

3. Meningkatkan kekuatan tangan

Meski terlihat hanya menggunakan kaki untuk melompat, tetapi lompat tali juga dapat meningkatkan kekuatan pukulan. Dilansir Expert Boxing, lompat tali merupakan gerakan berulang yang cepat sangat sesuai ritme. Ini dapat membantu tubuh bergerak secara alami dan efisien. Nah, kemampuan inilah yang bisa memengaruhi seseorang dalam meninju.

Tidak hanya itu, lompat tali juga bisa melatih kelincahan gerakan, sehingga kamu bisa bergerak lebih terkoordinasi dan efisien. Inilah yang membuat mayoritas petinju memasukkan lompat tali ke dalam program latihan mereka.

4. Meningkatkan kekuatan bahu

Selain gerakan tangan dan kaki berulang, lompat tali juga membantu meningkatkan kekuatan bahu. Menurut temuan dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sport Rehabilitation tahun 2010, peningkatan kecepatan mobilitas dan kekuatan sendi bahu terlihat secara drastis setelah peserta penelitian melakukan lompat tali selama 12 minggu.

5. Mengurangi risiko cedera kaki dan pergelangan kaki

Lompat tali memiliki manfaat bagi orang yang aktif berolahraga. Tak hanya petinju, atlet tenis, basket, sepak bola, dan olahraga lain yang sering mengalami cedera kaki karena harus berlari lalu kemudian berhenti mendadak atau berputar akan mendapat manfaat dari skiping.

Dilansir Lifehack, Jump Rope Institute mengatakan bahwa lompat tali mengajarkan atlet untuk tetap berdiri di atas kaki dengan benar, bukan dengan kaki datar atau bertumpu pada tumit. Karena lompat tali membuat atlet selalu waspada, tentu membuat mereka menjadi lebih taktis ketika bertanding.