5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Trombosit

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Trombosit

5 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Trombosit – Trombosit adalah komponen penting dalam darah. Trombosit memiliki fungsi utama membantu membekukan darah baik, baik akibat luka kecil atau besar. Jadi, trombosit mencegah kehilangan darah yang berlebihan dan bahkan hingga mengancam jiwa.

Ketika jumlah trombosit rendah, kamu mungkin akan mengalami gejala, seperti kelelahan, mudah memar, dan gusi berdarah. Jumlah trombosit yang rendah dapat disebabkan karena infeksi, kanker, penggunaan obat-obatan tertentu, atau kelainan genetik.

1. Rumput gandum

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Universal Pharmacy and Life Sciences, diketahui bahwa rumput gandum bermanfaat untuk meningkatkan jumlah trombosit. Para peneliti menemukan bahwa rumput gandum membantu meningkatkan sel darah merah, hemoglobin, dan jumlah sel darah putih. Hal ini dimungkinkan sebab rumput gandum tinggi akan klorofil dan memiliki struktur molekul yang mirip seperti hemoglobin.

2. Delima

Melansir https://christian-mommies.com/ biji delima sarat akan nutrisi yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan meningkatkan kekebalan. Penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menegaskan bahwa buah delima dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit, sehingga mencegah risiko terserang berbagai jenis penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat delima dalam meningkatkan trombosit, kamu bisa menikmatinya dalam bentuk jus. Atau tambahkan buah delima ke salad atau smoothie.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal karena tinggi akan nutrisi penting, salah satunya lemak sehat. Oleh sebab tersebut, minyak kelapa dianggap sangat sehat dan efektif untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Menurut penelitian dalam jurnal Applied Pathology yang dilakukan dengan memberi makan monyet rhesus dengan minyak kelapa, menemukan bahwa aktivasi trombosit mengalami peningkatan.

Gunakan minyak kelapa berkualitas yang dapat dimakan untuk dikonsumsi. Atau, tambahkan ke salad dan smoothie dan gunakan untuk memasak.

4. Susu

Susu merupakan minuman sumber kalsium, vitamin D, folat, dan vitamin K alami. Kekurangan vitamin K juga akan menyebabkan masalah kesulitan pembekuan darah dan dapat menyebabkan perdarahan hebat, menurut penelitian dalam Journal of Pediatric Neuroscience. Karenanya, susu wajib disertakan dalam makanan harian untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan jumlah trombosit darah.

Untuk meningkatkan jumlah trombosit, konsumsi segelas susu di pagi hari atau sebelum tidur. Kamu juga bisa menambahkannya ke smoothie atau sereal sarapan.

5. Kismis

Kismis juga mengandung zat besi, yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan trombosit. Menurut studi dalam jurnal Pediatric Hematology and Oncology, trombositopenia atau jumlah trombosit yang rendah dan anemia terjadi karena kekurangan zat besi. Karena itu, kamu harus memasukkan kismis ke dalam makanan untuk meningkatkan kadar zat besi.

Untuk dapat menikmati kismis, rendam kismis semalaman, dan di pagi harinya tambahkan kismis ke smoothie, sereal sarapan, segelas susu, atau makanan penutup. Atau kamu juga mengonsumsi kismis secara langsung di antara waktu makan besar sebanyak empat atau lima butir.