5 Manfaat Hebat Minum Air Dingin

5 Manfaat Hebat Minum Air Dingin

5 Manfaat Hebat Minum Air Dingin – Minum cukup air agar tetap terhidrasi memang penting bagi kesehatan mental dan fisik. Akan tetapi, sampai sekarang temperatur air minum yang paling pas untuk tubuh masih terus diperdebatkan. Bahkan, ada yang beranggapan bahwa minum air dingin tidak baik bagi kesehatan.

Akan tetapi, benarkah minum air dingin berdampak negatif pada kesehatan? Beberapa orang yang menganggap minum air dingin buruk bagi kesehatan beralasan bahwa minum air dingin akan membuat perut berkontraksi, yang membuat tubuh lebih sulit mencerna makanan setelah makan. Juga anggapan bahwa air dingin memicu flu dan pilek.

Kenyataannya, minum air dingin memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi, sah saja jika kamu minum air dingin setiap hari atau tergantung kebutuhanmu. Apa sajakah manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Meningkatkan performa olahraga

Minum air dingin saat berolahraga dapat membantu menjaga tubuh dari kepanasan dan meningkatkan keberhasilan sesi latihan. Ini terungkap dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of The International Society of Sports Nutrition.

Hal ini kemungkinan karena minum air dingin dapat membantu tubuh mempertahankan suhu inti agar lebih rendah. Minum air putih juga terbukti memberi tubuh lebih banyak energi sepanjang hari.

2. Meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan

Beberapa orang mengaku bahwa minum air dingin dapat membantu mereka dalam program menurunkan berat badan. Bahkan, sebuah penelitian dalam jurnal Acta Physiologica menunjukkan bahwa ada sedikit perbedaan antara minum air dingin dan air bersuhu ruangan dalam kemampuan membakar kalori.

Selain itu, melansir Active, penelitian menunjukkan bahwa minum 6 gelas air dingin dalam sehari dapat meningkatkan metabolisme istirahat sekitar 50 kalori setiap hari. Jumlah tersebut sama dengan kalori yang dibakar saat berjalan kaki selama 15 menit.

Alasannya, tubuh harus bekerja ekstra untuk menjaga suhu internal, dan untuk melakukannya tubuh membakar lebih banyak gula dan lemak, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

3. Mencegah dehidrasi

Penelitian menunjukkan bahwa suhu air minum dapat memengaruhi tingkat keringat dan rehidrasi. Misalnya, penelitian United States Army menemukan bahwa meminum air hangat daripada air dingin dapat menyebabkan orang minum lebih sedikit, yang bisa saja memicu dehidrasi.

Sebuah penelitian lain dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi air dingin (16 derajat Celcius) cenderung minum lebih banyak air dan lebih sedikit berkeringat dibandingkan saat mereka meminum air pada suhu lain (yang lebih hangat).

4. Membantu detoksifikasi

Air dingin bekerja dalam membuang racun dari tubuh alias detoksifikasi. Jadi, minum lebih banyak air dapat membantu mencegah racun menumpuk dan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh, dikutip dari lamanĀ http://downloadjoker123.org/ . Ini tidak hanya berlaku untuk air minum tawar, tapi juga infused water dengan berbagai macam rasa.

Infused water mencampurkan air biasa dengan berbagai jenis buah dan sayur sehingga meningkatkan kadar vitamin, mineral, dan antioksidan alami. Ditambah, rasanya juga enak sehingga sangat baik untuk kamu yang mudah bosan dengan air minum tawar.

5. Meningkatkan adrenalin dan mengurangi rasa sakit

Menurut laman Reddy Ice, air dingin mengaktifkan sensor tepat di bawah kulit, yang kemudian meningkatkan detak jantung dan menambah aliran adrenalin. Adrenalin membantu individu agar tetap waspada dan siap secara mental. Minum air es juga bisa menjadi pengganti kafein untuk membantu kamu tetap waspada dan lebih fokus.

Selain untuk pikiran, adrenalin juga meningkatkan kecenderungan untuk menahan rasa sakit. Karenanya, orang yang terlibat kecelakaan biasanya akan memberikan segelas air dingin agar pikirannya tetap waspada dan rasa sakit badannya berkurang.