Cura Pessoal

Cura Pessoal

5 Manfaat Menakjubkan Mandi Sebelum Tidur

5 Manfaat Menakjubkan Mandi Sebelum Tidur – Ada banyak kontroversi seputar mandi sebelum tidur malam. Sebagian orang memilih untuk mandi di sore hari, tapi bagi orang yang bekerja hingga sore atau malam, mandi malam sebelum tidur dirasa jadi pilihan yang lebih baik daripada tidak mandi sama sekali.

Maka ternyata penelitian membuktikan bahwa mandi sebelum tidur malam memang memiliki manfaat kesehatan. Tanpa perlu berlama-lama, yuk langsung simak apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mandi sebelum tidur.

1. Tidur lebih nyenyak

Mandi Sebelum Tidur Bisa Bantu Kamu Terlelap Lebih Cepat, Begini Caranya

Suhu tubuh adalah kunci dalam mengatur ritme sirkadian, dan menghangatkan tubuh dapat membantu tidur. Sebuah studi dari University of Texas yang mengamati tentang pemanasan tubuh pasif berbasis air pada kualitas tidur, durasi, efisiensi, dan latensi awal, menunjukkan bahwa mandi selama 10 hingga 15 menit pada suhu antara 40 hingga 42,5 derajat Celcius yang dilakukan satu hingga dua jam sebelum waktu tidur dapat meningkatkan kualitas tidur, efisiensi, dan latensi awal.

Jadi, mandi sebelum tidur bisa sangat bermanfaat untuk kamu yang sering kesulitan tidur.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Saiba o que comer para dormir melhor | VEJA

Hormon pertumbuhan mengatur seberapa cepat pergantian kulit. Sementara, hormon seks memengaruhi ukuran kelenjar sebaceous. Kedua hormon ini memuncak pada malam hari, dan mandi sebelum tidur malam akan menghilangkan rangsangan eksternal dari permukaan kulit, yang menjaga hormon dalam keseimbangan optimal, menurut laman Bustle.

Dengan kata lain, mandi malam memberikan kesempatan terbaik bagi hormon yang mendukung kulit untuk melakukan tugasnya.

3. Mencegah masalah akibat tidur dengan sprei kotor

Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Ada banyak bakteri yang tinggal di kulit dan kepala, utamanya setelah kamu melakukan aktivitas di luar seharian atau berkeringat. Jadi, jika kamu tidur tanpa mencuci wajah dan rambut, ini bisa membuat tempat tidur terkontaminasi bakteri dan kotoran yang membuat kulit wajah rentan berjerawat.

Selain dari debu dan keringat, rambut juga mengumpulkan bakteri dalam jumlah yang sangat banyak ketika rambut menyentuh sandaran kursi, utamanya kursi umum. Terlebih, kebanyakan kursi publik tidak dibersihkan. Kotoran di rambut ini dapat berpindah ke wajah saat rambut menyentuh sarung bantal tanpa kamu keramas terlebih dahulu.

Untuk itu, menurut National Sleep Foundation, mencuci wajah dan keramas sebelum tidur dapat membantu mengurangi jerawat, meningkatkan efektivitas perawatan wajah, membantu mencegah keriput, dan mengurangi kemungkinan infeksi mata.

4. Membuat tubuh lebih relaks

Ini Manfaat Dan Risiko Mandi Air Panas -

Dikutip dari laman https://slot-online.games/ , mandi air hangat di malam hari dapat membuatmu lebih relaks. Ini karena mandi air hangat mampu melemaskan otot yang sakit, meredakan nyeri pada persendian, dan meningkatkan sirkulasi oksigen serta aliran darah.

Selain itu, pergi tidur dengan tubuh yang bersih memberikan manfaat psikologis untuk menghilangkan semua stres dan masalah sepanjang hari. Sehingga kamu bisa pergi tidur dengan perasaan yang lebih relaks.

5. Melancarkan sirkulasi darah

5 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh Bahkan  Tanpa Olahraga - Facetofeet.com

Mandi di malam hari membantu melancarkan aliran darah di seluruh tubuh. Karena suhu tubuh meningkat karena panas, mandi di malam hari sangat penting untuk menjaganya tetap dalam pengawasan yang tepat.

Ini mungkin tampak berlawanan dengan logika, tetapi dilansir dari laman Healthline, mandi air hangat akan merangsang sistem termoregulasi tubuh, menyebabkan sirkulasi darah dari inti internal ke situs perifer tangan dan kaki. Itu bisa membantu menghilangkan panas tubuh dan menurunkan suhu tubuh.