5 Manfaat Zink untuk Kesehatan Membantu Mengatasi Jerawat

5 Manfaat Zink untuk Kesehatan Membantu Mengatasi Jerawat

5 Manfaat Zink untuk Kesehatan Membantu Mengatasi JerawatZink (zinc) adalah salah satu dari sekian jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahu tidak, ternyata, tubuh kita tidak bisa memproduksinya secara alami, sehingga asupannya harus dipenuhi lewat makanan maupun suplemen.

Sumber makanan yang tinggi akan zink di antaranya adalah daging, kerang-kerangan, legum, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu dan olahannya, telur, serealia utuh, kentang, dark chocolate, dan sebagainya. Mari berkenalan dengan zink dan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Imun yang Kuat Cegah Infeksi Virus Corona, Berikut Cara Menjaga Imun Tubuh Menurut Para Dokter - Tribun banyumas

Sebuah penelitian yang terbit dalam European Journal of Immunology tahun 2010 memaparkan bila tubuh membutuhkan asupan zink untuk mengaktifkan limfosit T (sel T). Melansir dari laman http://downloadjoker123.org/ berdasarkan keterangan dari National Cancer Institute, sel T merupakan jenis sel darah putih yang diproduksi dari sel induk di sumsum tulang.

Melansir Medical News Today, cara kerjanya adalah dengan mengendalikan dan mengatur respons imun serta melindungi tubuh dari sel yang terinfeksi atau kanker.

Manfaatnya pun telah terbukti sebuah studi dalam Journal of the Royal Society of Medicine tahun 2017. Yang melaporkan bahwa konsumsi zink sebanyak 80-92 mg setiap harinya mampu meredakan flu biasa lebih cepat hingga 33 persen.

Selain itu, sebuah penelitian dalam jurnal Immunity & Ageing tahun 2009 membuktikan bahwa konsumsi suplemen zink dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh secara signifikan pada orang dewasa.

Lantas, apa yang terjadi bila tubuh kita kekurangan zink? Jelas, salah satu dampaknya adalah sistem kekebalan tubuh akan melemah. Ini pun telah terbukti melalui penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition tahun 1998. Yang melaporkan bahwa seseorang yang kekuranganan zink berisiko lebih rentan terhadap serangan patogen.

2. Mencegah penyakit kronis

Penyakit Kronis Adalah Ancaman Serius Kematian, Ini Cara Mencegahnya - Hot Liputan6.com

Penyakit jantung, kanker, dan penurunan kondisi mental merupakan beberapa contoh dari penyakit kronis. Untungnya, sifat antiinflamasi dari zink dapat meminimalkan kadar protein inflamasi tertentu dalam tubuh serta mengurangi stres oksidatif yang dapat memicu penyakit kronis.

Salah satunya adalah mencegah kanker. Ini telah terbukti lewat penelitian yang memuat dalam Indian Journal of Medical Research tahun 2010, yang menemukan bahwa zink adalah salah satu senyawa makanan yang dapat membantu mencegah penyakit keganasan tersebut.

Berkat sifat antiinflamasinya, zink juga mampu mencegah penyakit yang terkait usia, seperti pneumonia, infeksi, dan degenerasi makula, melansir Healthline. Ini juga telah terbukti melalui penelitian dalam jurnal Advances in Nutrition tahun 2013, yang menyimpulkan bahwa asupan 45 mg zink setiap harinya dapat meringankan tingkat infeksi pada orang dewasa dan lebih tua hingga hampir 66 persen.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Tips Membersihkan Luka dengan Tepat Tanpa Rasa Perih

Zink mampu melakukan ini karena peran pentingnya dalam sintesis kolagen. Fungsi kekebalan, dan respons inflamasi, sehingga dapat membantu mengatasi luka lebih cepat.

Manfaatnya sendiri sudah meneliti dan menerbitkan dalam jurnalWound Repair and Regeneration tahun 2017. Penelitian yang melibatkan 60 pengidap ulkus kaki diabetik tersebut melaporkan bahwa konsumsi zink sebanyak 200 mg per hari mampu mengurangi ukuran ulkus (borok) secara signifikan dibanding partisipan lain yang ada berikan plasebo.

Namun, perlu menggarisbawahi bahwa untuk penanganan luka bakar, tidak semua bisa pulih dengan mengandalkan konsumsi zink saja. Akan tetapi, setidaknya zink dapat membantu proses penyembuhan. Agar hasilnya maksimal, melansir WebMD, konsumsi zink secara intravena yang kita sertai dengan jenis mineral lainnya akan sangat membantu. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan dengan dokter.

4. Membantu mengatasi jerawat

Kupas Tuntas Cara Menghilangkan Jerawat Yang Wajib Anda Ketahui

Sebuah penelitian dari jurnal BioMed Research International tahun 2014 memaparkan jika orang berjerawat cenderung memiliki kadar zink yang lebih rendah. Maka, untuk meminimalkan gejala, penuhi asupan zink harian baik dari makanan maupun suplemen bila perlu.

Meski demikian, belum jelas seberapa besar manfaat dari konsumsi zink dalam mengatasi jerawat bila membandingkan dengan obat luar seperti tetrasiklin atau minosiklin.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, konsultasi ke dokter spesialis kulit adalah pilihan bijak.

5. Membantu mengatasi diare pada anak

Bu, Hindari Salah Pilih Obat dengan Mengenali 5 Jenis Obat Diare pada Anak | BukaReview

Berdasarkan laporan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Zink dapat mengatasi diare lantaran memiliki mikronutrien penting yang bertanggung jawab untuk sintesis protein. Pertumbuhan dan diferensiasi sel, sistem kekebalan, serta transportasi usus air dan elektrolit.

Manfaatnya pun telah terbukti melalui penelitian dalam jurnal PLOS Medicine tahun 2009. Penelitian tersebut melaporkan jika penggunaan tablet zink selama sepuluh hari. Terbukti efektif untuk mengatasi diare serta mencegahnya kambuh di lain hari.