5 Nutrisi Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

5 Nutrisi Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya

5 Nutrisi Buah dan Sayur Berdasarkan Warnanya – Banyak jenis buah dan sayur yang kita kenal dan kita konsumsi sehari-hari. Demi kesehatan tubuh, kita memang dianjurkan untuk memperbanyak makan buah dan sayur karena mengandung berbagai mikronutrien yang antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Tahukah kamu kalau setiap warna buah dan sayur yang kita konsumsi memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang berbeda-beda? Mulai dari warna merah hingga ungu, yuk, cari tahu apa saja nutrisi dan manfaat dari buah dan sayur berdasarkan warnanya.

1. Warna merah mengandung likopen yang mampu mencegah terjadinya kanker

7 Manfaat Kesehatan di Balik Segarnya Tomat - kumparan.com

Likopen merupakan zat yang membuat buah dan sayur berwarna merah dan termasuk dalam jenis antioksidan yang mampu mencegah terjadinya kanker.

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari zat fitokimia likopen, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang berwarna merah, seperti tomat, stroberi, semangka, ceri, raspberry, dan sebagainya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2000, selain punya khasiat antioksidan, likopen mungkin punya kemampuan untuk menurunkan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik.

2. Warna oranye dan kuning mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata

Selain Wortel, Ini Dia Makanan yang Baik untuk Mata - Jovee.id

Senyawa beta-karoten adalah zat yang terdapat pada buah dan sayur yang berwarna oranye dan juga kuning. Beta-karoten ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, yang mana senyawa tersebut akan berubah oleh tubuh menjadi vitamin A .

Vitamin A sendiri sudah terbukti manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Buah dan sayur yang mengandung beta-karoten yakni, pepaya, wortel, mangga, nanas, labu, dan ubi oranye.

3. Buah dan sayur berwarna hijau baik dikonsumsi oleh ibu hamil

4 Jenis Makanan Berserat untuk Ibu Hamil | Popmama.com

Untuk menu makan sehari-hari, sayuran berwarna hijau mungkin sering kita konsumsi karena kandungan nutrisinya yang baik bagi tubuh. Buah dan sayur yang berwarna hijau seperti kiwi, alpukat, bayam, brokoli, mengandung senyawa fitokimia isothiocyanate dan indole yang memiliki sifat antikanker.

Melansir laman http://pitstopraceway.com.au/ , ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau karena bisa menurunkan risiko bayi lahir cacat. Sayuran berwarna hijau juga mengandung berbagai macam vitamin, asam folat, dan asam lemak omega-3.

4. Antosianin pada buah dan sayur berwarna ungu termasuk antioksidan yang kuat

6 Manfaat Sehat dari Sayuran Berwarna Ungu

Antioksidan merupakan senyawa ampuh yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker. Dalam buah dan sayur, ternyata ada zat alami bernama antosianin yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah pada orang-orang dengan hipertensi, dan mencegah penyakit kardiovaskuler.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition Reviews tahun 2010, antosianin dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tim peneliti menemukan bahwa antosianin dapat memperbaiki kadar kolesterol dan metabolisme gula darah, begitu juga dengan melawan stres oksidatif (proses yang berperan dalam kemunculan penyakit jantung).

Selain itu, antosianin juga bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi (faktor utama penyakit jantung, menurut sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011.

5. Nutrisi dari buah dan sayur berwarna putih ternyata juga banyak manfaatnya

Ini Lho Manfaat Lobak yang Jarang Kita Ketahui - Bangka Pos

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayur yang berwarna putih terkenal dapat menurunkan kolesterol jahat serta menurunkan tekanan darah tinggi. Mereka juga mempercayai bisa meningkatkan kekuatan imunitas tubuh.

Nah, jenis buah dan sayurnya antara lain, buah pir, bawang bombai, bawang putih, kembang kol, dan lobak.

Bawang mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antitumor. Selain itu, jenis sayuran ini juga mengandung antioksidan flavonoid, seperti kuersetin dan kaempferol.