Cura Pessoal

Cura Pessoal

5 Penyebab Nyeri Menstruasi yang Wajib kamu Ketahui

5 Penyebab Nyeri Menstruasi yang Wajib kamu Ketahui – Nyeri mestruasi atau dismenorhea merupakan nyeri yang sering kali perempuan rasakan saat memasuki siklus menstruasi. Rasa nyeri pada perut bagian bawah, yang menyebar ke punggung bagian bawah dan tungkai, rasanya mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi.

Rasa nyeri selama menstruasi adalah wajar karena saat menstruasi terjadi peluruhan dinding rahim. Namun, apabila merasakan nyeri yang  sudah sangat hebat dan berlangsung lama perlu kamu waspadai. Lalu apa saja penyebab nyeri menstruasi? Yuk simak pemaparan di bawah ini

1. Usia mulai menstruasi yang terlalu muda

Kapan Usia Ideal untuk Menstruasi Pertama?

Setiap perempuan memiliki waktu berbeda-beda dalam memulai menstruasi, ada yang berusia 10 tahun, 12 tahun, bahkan 15 tahun. Ini tergantung hormon dan gaya hidup perempuan tersebut. Apabila seorang perempuan mulai menstruasi pada usia kurang 11 tahun, maka risiko dismenorhea nya akan lebih tinggi. Hal ini terjadi karena organ reproduksi belum siap mengalami perubahan dan leher rahim masih sempit.

2. Gaya hidup yang tidak sehat

Ini Bukti Bahwa Makanan Juga Bisa Mempengaruhi Mood Kamu! Masup Yuuk

Gaya hidup sangat berpengaruh pada nyeri menstruasi. Melansir dari laman https://slotpragmatic.asia/  seorang wanita yang mengalami obesitas akan beresiko tinggi mengalami dismenorhea karena adanya pembuluh darah pada organ reproduksi terdesak oleh jaringan lemak berlebih. Mengkonsumsi alkohol juga bisa mempengaruhi hormon estrogen dan menimbulkan gangguan pelvis. Sedangkan asap rokok dapat meningkatkan lamanya dismenorhea.

3. Riwayat keluarga sering nyeri saat menstruasi

Banyak Siswa Perempuan Nyeri Saat Haid, Perlukah Diliburkan? - Tirto.ID

Apabila Ibu atau saudara perempuan kandungmu mengalami dismenorhea, harus waspada. Hasil riset menunjukan bahwa 2 dari 3 perempuan yang menderita dismenore mempunyai riwayat dismenore pada keluarganya. Riwayat keluarga dan genetik sangat berkaitan dengan terjadinya dismenorhea yang berat. Jadi untuk perempuan yang keluarganya positif mengalami dismenorhea harus melakukan upaya pencegahan.

4. Adanya endometriosis

Endometriosis Penyakit Wanita, Gejalanya Bisa Sakit di Anus Saat BAB -  Semua Halaman - Grid Health

Endometriosis merupakan penyebab paling sering nyeri hebat saat menstruasi. Endometriosis sendiri merupakan salah satu kelainan yang mengganggu organ reproduksi perempuan. Penyakit ini muncul saat jaringan lapisan dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Lapisan endometrium yang berada pada luar tidak memiliki jalan untuk darah yang meluruh setiap bulan sehingga lapisan sekitarnya akan meradang dan membengkak hingga menimbulkan nyeri hebat saat menstruasi.

5. Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim

KB Spiral Berbahaya atau Tidak? - Mamapapa.id %

Saat akan menggunakan alat kontrasepsi, kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pasangan dan petugas kesehatan. Jangan sampai memilih alat kontrasepsi yang tidak tepat. Intra-uterine Device (IUD) merupakan alat kontrasepsi yang dbertempatkan pada dalam rahim. Penggunaan IUD bisa menyebabkan nyeri saat menstruasi berlangsung, apalagi pada awal pemasangan IUD.