Cura Pessoal

Cura Pessoal

5 Tips Ini untuk Menjaga Kuku Tetap Kuat

5 Tips Ini untuk Menjaga Kuku Tetap Kuat – Memiliki kuku yang kuat dan sehat merupakan dambaan bagi semua orang. Namun, tidak semua orang bisa mempunyai kuku yang kuat dan sehat karena gaya hidup atau sering melakukan hal yang membuat kuku terlihat cantik, seperti memakai kutek. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mengubah kebiasaan dan gaya hidup untuk mendapatkan kuku yang sehat sesuai dengan keinginan.

Berikut ini ada 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kuku supaya tetap kuat.

1. Minum air secukupnya

Minum air secukupnya memang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kuku. Healthline, kandungan air yang cukup pada dalam tubuh akan membantu kuku tidak mudah rapuh, patah, dan terkelupas. Dari The Berkey, air dapat menghasilkan lapisan alpha keratin yang membuat kuku tampak bercahaya dan berkilau. Selain itu, ketebalan kuku juga akan meningkat jika kebutuhan akan air terpenuhi sehingga tidak mudah patah. Minum air secukupnya akan membuat kutikula tidak mudah terkelupas.

2. Mengonsumsi suplemen biotin

Biotin merupakan vitamin B yang terkenal untuk mengatasi kuku yang rapuh dan mudah patah. Mengutip dari studiĀ  oleh National Institutes of Health, sejumlah 22 wanita dengan kuku rapuh, pecah, dan lunak yang rutin mengonsumsi biotin sebanyak 2,5 mg/hari selama 6 – 15 bulan, ketebalan kuku meningkat menjadi 25% pada 8 pasien.

Sedangkan pada 14 pasien lainnya, ketebalan kuku meningkat sebanyak 7%. Supaya kebutuhan biotin dalam tubuh terpenuhi, ada beberapa makanan dengan kandungan biotin yang tinggi, seperti telur, ikan, daging, biji-bijian, kacang-kacangan, dan ubi jalar.

3. Hindari penggunaan kuku palsu akrilik

Untuk mendapatkan kuku yang panjang dan terlihat lentik, banyak wanita rela menggunakan kuku palsu akrilik. Padahal, penggunaan kuku palsu yang terbuat dari akrilik menyebabkan kuku alami kita menjadi iritasi karena bahan yang digunakan untuk merekatkan kuku palsu dengan kuku yang asli.

Mengutip dari laman American Academy of Dermatology, menggunakan kuku palsu menyebabkan kuku menjadi tipis karena permukaan kuku harus dikikir terlebih dulu dan membuat kuku menjadi lemah. Sebaiknya, jangan gunakan kuku palsu dalam jangka waktu yang lama agar kuku dapat bertumbuh dengan baik dan menjadi sehat dan kuat.

4. Jangan terlalu sering mengecat kuku

Para ahli merekomendasikan agar kuku beristirahat sejenak dari proses pengecatan. Hal ini diperlukan agar kuku dapat bernapas dari penggunaan bahan kimia yang dapat merusak dan membuat kuku menjadi rapuh. Menggunakan cat kuku dalam jangka waktu yang lama akan membuat kandungan bahan kimia meresap ke dalam bantalan kuku. Akibatnya, kuku menjadi menghitam, pecah, dan mengelupas. Selain rapuh, kuku lebih mudah iritasi karena penggunaan cat yang berlebihan.

5. Potong kuku yang mulai panjang

Kuku yang panjang akan lebih mudah patah dan rapuh. Dari laman Everyday Health, memotong kuku yang sudah mulai memanjang secara teratur dapat mencegah kuku tersangkut suatu barang dan menyebabkan kuku lebih mudah patah. Saat menggunting kuku, gunakan alat untuk mengikir permukaan kuku agar terlihat lebih rapi dan halus. Kita juga dapat menggosok kuku secara halus agar mendapatkan hasil yang sama seperti manicure salon.

Untuk mendapatkan kuku yang sehat dan kuat memang perlu usaha ektsra, ya. Hal yang paling mudah untuk kamu lakukan adalah dengan mengganti gaya hidup dan makanan menjadi lebih sehat lagi agar kuku ternutrisi.