6 Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan

6 Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan

6 Sumber Karbohidrat yang Menyehatkan – Nasi putih biasanya dipilih sebagai sumber asupan karbohidrat bagi masyarakat Indonesia. Selain mengenyangkan, nasi putih memang cocok padukan dengan berbagai jenis lauk.

Namun, mengonsumsi nasi putih secara berlebihan terbukti tidak baik bagi tubuh lho. Nasi putih sebagai salah satu penyebab diabetes karena kandungan glukosa yang tinggi. Maka, perlukan alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat selain nasi putih.

1. Oatmeal

Oatmeal bersumber dari oat atau haver. Oat berbeda dengan gandum. Meskipun tergolong dalam jenis serelia, oatmeal memiliki kandungan serat yakni 5,1 gram dan protein 16 gram.

Sementara, gandum memiliki serat yakni 2,2 gram dan protein 13,7 gram. Oatmeal memiliki manfaat antara lain menurunkan menurunkan kolestrol, mengurangi risiko sakit jantung dan menstabilkan gula darah.

Oatmeal sebagai pengganti nasi juga cocok bagi penderita celiac atau orang-orang yang tidak bisa mengonsumsi senyawa gluten yang terdapat pada gandum.

2. Quinoa

Quinoa atau biasa sebut dengan kinoa berasal dari tumbuhan Chenopodium Quinuo yang termasuk dalam kategori tumbuhan serelia semu.

Dalam 100 gram biji quinoa kering memiliki kandungan nutrisi energi 399 gram, protein 16,5 gram, lemak 6,3 gram dan karbohidrat 69 gram.

Beberapa manfaat quinoa yaitu membantu meningkatkan HDL, membantu proses penyembuhan sakit otot karena quinoa mengandung senyawa lysine, dan dapat konsumsi oleh penderita celiac tentunya.

3. Bulgur

Bulgur berasal dari tanaman gandum durum, dengan kulit yang keras yang keringkan. Dalam 1 cangkir bulgur memiliki kandungan nutrisi 151 kalori, 6 gram protein, 8 gram serat, dan 34 gram karbohidrat.

Beberapa manfaat bulgur antara lain adalah menjaga gula darah stabil dan mengurangi kolestrol. Selain itu, zat besi yang terkandung dalam bulgur juga bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

4. Couscous

Couscous (kus-kus) memiliki nama lain yakni seksu. Dalam 1 cangkir couscous memiliki kandungan nutrisi yaitu 174 kalori, 36 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan 6 gram protein.

Couscous merupakan makanan yang rendah lemak, mengandung lebih banyak serat, dan memiliki karbohidrat yang lebih sedikit daripada nasi putih sehingga dapat membantu dalam proses pencernaan maupun mempertahankan bentuk badan.

Namun, couscous mengandung kadar tepung yang masuk dalam indeks glikemik sehingga perlu waspadai oleh penderita penyakit jantung dan diabetes. Couscous ini juga tidak anjurkan bagi penderita celiac lho.

5. Pearl Barley

Pearl Barley atau Barley memiliki nama lain yakni jelai. Kandungan yang terdapat dalam 100 gram barley yakni 354 kalori, 74 gram karbohidrat, 13 gram protein, 17 gram serat.

Manfaat barley antara lain mengurangi resiko diabetes karena barley memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan, meringankan sembelit dan membantu penurunan berat badan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian dalam penggunaan barley. Selain tidak perkenankan untuk penderita celiac karena mengandung gandum, barley juga tidak disarankan bagi penderita iritasi usus besar karena tingginya kandungan fructant.

6. Buck Wheat

Buck wheat atau soba merupakan tanaman biji-bijian yang masih sejenis dengan rhubarb dan sorel. Berbeda dengan gandum, buck wheat cocok bagi orang yang menghindari grain atau gluten.

Dalam 100 gram buck wheat memiliki kandungan 343 kalori, 13 gram protein, 72 gram karbohidat, dan 10 gram serat. Manfaat buck wheat sendiri adalah mengurangi resiko penyakit jantung dan menurunkan gula darah.