Cura Pessoal

Cura Pessoal

Benda yang Selalu Bikin Sulit Istirahat

Benda yang Selalu Bikin Sulit Istirahat, – Tubuh lelah adalah pertanda bahwa Anda membutuhkan istirahat. Itu sebabnya setelah kecapekan dari beraktivitas seharian biasanya Anda jadi lebih gampang tertidur lelap. Namun kadang, beberapa orang justru mengeluhkan susah tidur malam karena kecapekan.

Kamar tidur selayaknya menjadi tempat kita merasa rileks setelah seharian beraktivitas di luar. Karenanya, kamar tidur harus terasa nyaman, bebas gangguan, dan bebas stres.

Sayangnya, tak sedikit dari kita yang tanpa sadar sering menaruh barang-barang yang ternyata berpotensi menyebabkan masalah tidur dan gangguan lainnya di kamar tidur.

Sulit tidur malam karena badan kecapekan bisa menjadi buah simalakama dari pola tidur yang buruk sejak sebelumnya. Begini, jika dari awal Anda sudah memiliki jadwal tidur yang berantakan (dan terbiasa tanpa perbaikan), Anda tidak akan merasa bugar dan semangat untuk beraktivitas.

HP

Suara deringan dari notifikasi HP, media sosial, dan gangguan lain dari HP bisa membuat istirahatmu tidak nyaman. Selain itu, HP juga berpotensi menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Sebab, menurut CDC, frekuensi RF yang dipancarkan oleh HP telah terdaftar di International Agency for Research on Cancer sebagai materi yang berpotensi bersifat karsinogen bagi manusia. Walaupun sejauh ini HP belum terbukti menyebabkan kanker. Tidak ada salahnya untuk beristirahat dari HP setiap malam.

Selain itu, laman Huffington Post melaporkan bahwa cahaya biru yang dipancarkan dari HP dapat mengganggu produksi melatonin yang berkontribusi pada pola tidur yang buruk.

Televisi

Mirip dengan HP, menaruh televisi di kamar juga akan mengganggu waktu istirahatmu, salah satunya menyebabkan kurang tidur. Menurut National Sleep Foundation, menonton televisi sebelum tidur hanya akan membuatmu sulit tidur dan berakhir dengan begadang. Lebih lanjut, televisi juga memancarkan cahaya biru, seperti ponsel, yang dapat mengganggu siklus tidur harianmu.

Makanan

Makan di tempat tidur bisa membuat tempat tidur kotor karena remahan makanan yang jatuh berceceran. Belum lagi kemungkinan jika kamu malas untuk segera mencuci peralatan bekas makan atau mengganti seprai yang terlanjur kotor. Hal ini tentunya akan menarik hama ke dalam kamarmu yang kemudian memicu berbagai masalah.

Selain itu, makan di tempat tidur biasanya disertai dengan aktivitas lain, seperti menonton film, membaca, atau bermain HP, yang dapat membuatmu lebih sulit untuk fokus pada apa yang kamu makan, meningkatkan kemungkinan untuk makan berlebihan, dan membuatmu berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pencernaan.

Food & Wine menunjukkan bahwa makan adalah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di tempat tidur yang membuat otak mengasosiasikannya dengan hal-hal selain tidur sehingga membuat individu lebih sulit untuk tertidur di malam hari.