Buah dengan Kadar Air Terbanyak Andalan Penangkal Dehidrasi

Buah dengan Kadar Air Terbanyak Andalan Penangkal Dehidrasi

Buah dengan Kadar Air Terbanyak Andalan Penangkal Dehidrasi – Tubuh kita perlu cukup air untuk bisa bekerja secara normal. Kandungan air di dalam tubuh rata-rata lebih dari 60 persen. Tubuh yang kekurangan cairan bisa mengakibatkan dehidrasi, yang ditandai dengan rasa haus, lemas, pusing, mulut dan kulit kering, jarang buang air kecil, serta urine berwarna lebih gelap.

Mencukupi kebutuhan cairan tak hanya lewat air putih. Bisa juga lewat makanan berkuah serta buah-buahan. Berikut ini adalah daftar buah-buahan dengan kadar air tertinggi, bagus untuk dikonsumsi setiap hari!

1. Semangka

Diet Semangka dapat Turunkan Berat Badan Secara Kilat, Benarkah?

Tidak diragukan lagi, konsumsi semangka bisa mencegah tubuh dari dehidrasi. Bayangkan, kandungan airnya sangat tinggi, yaitu mencapai 92 persen!

Dilansir Healthline, selain menyegarkan, semangka juga mengandung banyak gizi penting seperti vitamin C, vitamin A, magnesium, serta rendah kalori. Semangka juga mengandung likopen yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh dan penyebab penyakit seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

2. Melon

5 Makanan Sehat yang Sebaiknya Dihindari oleh Penderita Diabetes -  kumparan.com

Melon mengandung sekitar 90 persen air dan elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Kombinasi antara air dan elektrolit ini bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Melon juga mengandung nutrisi seperti vitamin C, B6, K, dan folat yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Nutrients tahun 2017, vitamin C baik untuk kesehatan kulit seperti pembentukan kolagen dan sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Melansir dari http://utowndc.com/  melon juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Melon bisa kalian konsumsi dengan cara memakan langsung atau membuat jus. Lebih menyegarkan lagi jika menyajikannya dalam keadaan dingin.

3. Stroberi

Ini Hebatnya Stroberi untuk Kecantikan, Sel Bibir Gelap pun Dikupas -  Halaman 3 - Tribun Timur

Stroberi memliki kandungan air yang  mencapai 91 persen.  Maka dari itu, buah stroberi mengandung serat, antioksidan, vitamin C, folat, dan mineral lainnya.

Berdasarkan sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2016, stroberi mengandung antosianin, flavanol, dan ellagitannins sebagai antioksidan.

Konsumsi stroberi secara rutin dapat mengurangi inflamasi yang membantu melindungi kita dari penyakit jantung, aterosklerosis, dan kanker. Stroberi bisa kamu makan mentah, untuk jus atau smoothie, atau campur dengan yoghurt atau sereal.

4. Tomat

4 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan - kumparan.com

Tomat mengandung 94 persen. Dari segi nutrisi, tomat kaya akan serat, vitamin A, C, dan antioksidan likopen. Tomat enak untuk jus,  salad, atau memakannya secara langsung, atau mengolahnya menjadi makanan lain sesuai selera.

Studi dalam jurnal Annual Review of Food Science and Technology tahun 2013 membuktikan bahwa likopen dalam tomat bisa membantu mencegah kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Belimbing

Ini 5 Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan

Belimbing merupakan buah tropis yang memiliki rasa manis dan asam. Buah ini juga mengandung air yang tinggi, yakni berkisar 91 persen.

Buah ini mengandung banyak nutrisi, terutama vitamin C, serat, dan antioksidan. Meski menyehatkan, tetapi orang-orang dengan masalah ginjal sebaiknya mengonsumsi buah yang satu ini atau konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Alasannya karena belimbing mengandung asam oksalat yang tinggi.