Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol , – Periode #DiRumahAja semakin lama semakin mudah mengubah gaya hidup seseorang. Kemudian kebiasaan dan kebiasaan hidup tidak sehat seperti pola makan tidak seimbang juga hubungan fisik pun diam-diam bisa membuat kolesterol naik.

Dokter Franciscus Ari, spesialis penyakit dalam RS Pondok Indah Bintaro Lebih tinggi, naik kolesterol.

Selain pemeriksaan berkala, Anda pun bisa melakukan gaya hidup untuk menurunkan kadar kolesterol.

Bagaimana Cara Menurunkan Kolesterol Lewat Gaya Hidup adalah sebagai berikut:

1. Aktivitas fisik
Melansir dari  Healthline , aktivitas fisik yang mampu meningkatkan kondisi fisik, melawan obesitas, menurunkan kadar LDL ( low density lipoprotein ) dan meningkatkan kadar HDL ( high density lipoprotein ). LDL ini kerap disebut ‘kolesterol jahat’, sedangkan HDL disebut ‘kolesterol baik’.

Aktivitas fisik apa pun yang dapat Anda lakukan termasuk jalan cepat, statis, atau berenang. Dengan jogging rutin juga membantu mengurangi lemak jahat.

2. Diet rendah kalori.
Diet rendah kalori yang terdiri dari buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, ikan dan daging tanpa lemak.

Sayur dan buah mengandung serat. Sedangkan biji-bijian almond seperti, kenari, hazelnut also mete mengandung asam lemak tak jenuh tunggal ( lemak tak jenuh tunggal ). Mengutip dari  Healthline , studio pada 10 pria melaporkan asupan lemak jenuh tunggal bisa menurunkan LDL dan mengurangi kadar HDL.

Sementara ikan, salmon, makarel, dan tuna mengandung omega 3 juga menurunkan LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Perbanyak asupan serat larut
Untuk menurunkan kadar kolesterol Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut. Anda bisa mengonsumsi alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, dan gandum. Melansir dari  Mayo Clinic , serat larut dapat meningkatkan penyerapan kolesterol pada aliran darah.

4. Berhenti Merokok
Kebiasaan merokok kerap dituding jadi sumber masalah kesehatan tak terkecuali masalah kenaikan kadar kolesterol. Namun ini bukan isapan jempol semata. Sebuah meta-analisis pada 2009 yang diterbitkan di  jurnal Heart menemukan kebiasaan merokok terkait dengan penurunan kadar HDL atau kolesterol baik dan meningkatkan kadar kolesterol total (LDL dan HDL).

“Berhenti merokok minimal 30 hari dapat meningkatkan kadar HDL secara signifikan,” kata Ari.

5. Kurangi konsumsi alkohol
Jika ingin kadar kolesterol turun, kurangi konsumsi alkohol Anda. Melansir dari  WebMD , terlalu banyak konsumsi alkohol, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan tekanan darah, berkontribusi terhadap obesitas dan meningkatkan kadar lemak trigliserida dalam darah.

HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung. Alkohol mampu ‘membalikkan transportasi kolesterol’ yang dikeluarkan kolesterol dari darah dan dinding pembuluh dan dibawa kembali ke hati. Risiko penyumbatan arteri pun berkurang. Tetapi, mengonsumsi alkohol terlalu banyak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *