Jenis Makanan yang Ampuh Membersihkan Usus, Perut Jadi Enteng Deh!

Jenis Makanan yang Ampuh Membersihkan Usus, Perut Jadi Enteng Deh!

Jenis Makanan yang Ampuh Membersihkan Usus, Perut Jadi Enteng Deh! Tujuan utama dari pembersihan usus adalah untuk membersihkan usus besar dari sejumlah kotoran yang mampet menempel di dindingnya dan diduga beracun. Selain itu, praktik ini bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Berikut adalah beberapa cara yang dianggap ampuh Download IDN Poker membersihkan usus besar secara alami.

Makanan kaya serat 

Penting untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan serat tidak larut. Jenis makanan ini dipercaya menambahkan massa feses dan meningkatkan kecepatan pergerakan makanan dalam saluran gastrointestinal, bertindak sebagai pencahar alami. Makanan tumbuh-tumbuhan seringkali dianggap sebagai makanan diet karena rendah kalori dan tinggi serat. Misalnya, seereal gandum mengandung 11,3 gram serat tidak larut per ½ cangkir dan dianggap sebagai sumber yang sangat kaya serat sehingga bisa meningkatkan massa feses secara signifikan. Selain itu, kacang merah juga kaya akan serat tidak larut, sekitar 5,9 gram per ½ cangkir.

Sumber yang kaya serat lainnya terdiri dari biji rami (flaxseed), spaghetti gandum utuh, dan kacang hijau. Buah-buahan dan sayuran juga merupakan sumber serat yang baik. Meskipun tidak ada rekomendasi spesifik untuk serat tidak larut, dianjurkan untuk mengonsumsi 14 gram dari total serat harian untuk setiap 1.000 kalori.

Produk yang mengandung probiotik

Probiotik adalah bakteri sehat yang bisa membantu pencernaan dan mengeluarkan makanan dalam bentuk feses. Ada sangat banyak produk makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, miso, sauerkraut, dan kimchi, sejenis acar pedas dari Korea. Penting untuk membedakan probiotik dan prebiotik. Prebiotik adalah serat larut yang membantu dinding usus besar menjadi lebih halus dan mempercepat pergerakan feses di usus besar.

Cairan

Orang percaya bahwa minum banyak cairan bisa mencegah sembelit. Cairan apapun, misalnya teh atau jus juga bisa bekerja, tetapi pilihan terbaik adalah air putih. Jika Anda tidak bisa menikmati rasa hambar dari air putih, tambahkan tetesan lemon atau jeruk nipis sebagai penambah rasa. Dokter mengatakan bahwa anak perempuan harus minum sekitar 9 cangkir dan anak laki-laki sekitar 13 cangkir cairan setiap hari.