Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Trimester Ketiga

Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Trimester Ketiga

Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Trimester Ketiga – Bagi para ibu hamil, asupan makanan bergizi sangatlah penting untuk menunjang kesehatan ibu dan janinnya. Apalagi, jika kehamilan sudah memasuki bulan-bulan akhir atau trimester ketiga. Pasalnya, pada masa ini ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain agar bisa menanggung beban berat badan yang memang terus membesar, cadangan energi juga dibutuhkan saat waktu persalinan tiba.

Itulah alasannya mengapa urusan gizi menjadi sangat penting bagi para ibu hamil. Bukan hanya kuantitas, kualitasnya pun harus menjadi prioritas. Hal ini disebabkan karena otak janin akan terus mengalami pertumbuhan, khususnya di dua bulan terakhir menjelang proses kelahiran. Akan fatal akibatnya jika di masa ini ibu mengalami kekurangan gizi yang akhirnya berpengaruh pada pertumbuhan otak janin.

Bagi kamu yang belum mengerti tentang jenis makanan untuk ibu hamil saat trimester ketiga, berikut adalah uraiannya.

1. Kalori

Pada masa trimester ketiga ini ibu hamil sangat membutuhkan asupan kalori. Bahkan, kebutuhannya bisa mencapai 70.000 hingga 80.000 kilo kalori atau kkal. Hal ini bisa mengakibatkan pertambahan berat badan yaitu sekitar 12,5 kg. Jika menghitung dalam kebutuhan kalori perharinya, ibu hamil membutuhkan 285 hingga 300 kkal.

Untuk memperoleh asupan kalori yang cukup, ibu hamil dapat memperolehnya melalui konsumsi makanan-makanan berkarbohidrat, seperti beras, kentang, singkong, ketela, atau jenis umbi-umbian lainnya. Namun, akan lebih baik jika konsumsi karbo tersebut tetap diperhitungkan secara detail agar tidak mengakibatkan kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Vitamin B6

Vitamin B6 yang  tubuh butuhkan dalam proses reaksi kimia yang melibatkan enzim. Pasalnya, ada lebih dari 100 reaksi kimia yang terjadi pada dalam tubuh dan melibatkan enzim. Melansir https://christian-mommies.com/ Vitamin B6 inilah yang akan membantu proses metabolisme asam amino, lemak, karbohidrat, dan bahkan pembentukan sel darah merah. Selain itu, vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan senyawa kimia yang berfungsi sebagai penghantar pesan antar sel.

Ibu hamil membutuhkan sekitar 2,2 miligram vitamin B6 per harinya. Asupan ini bisa kita peroleh dengan mengonsumsi makanan-makanan hewani seperti daging sapi, ayam, atau ikan.

3. Yodium

Dalam proses metabolisme, tubuh membutuhkan yodium sebagai pembentuk senyawa tiroksin. Senyawa ini berperan dalam proses pembentukan sel-sel baru. Jika ibu hamil kekurangan asupan yodium, mungkin saja janin akan tumbuh dengan tidak sempurna atau kerdil.

Asupan yodium dapat kita peroleh dari makanan-makanan laut, seperti ikan, kerang, cumi-cumi, atau lobster. Selain itu, yodium juga bisa mendapatkan dari konsumsi garam-garaman atau yodium yang terbuat instan.

4. Omega 3

Selama trimester ketiga, otak janin terus mengalami pertumbuhan dan bahkan prosesnya sangat cepat. Akan sangat menyarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung Omega 3. Asupan Omega 3 dapat memperoleh dari telur dan ikan.

5. Kalsium

Selain beberapa zat dan makanan yang wajib ibu hamil mengkonsumsi seperti yang ada,  ibu hamil juga membutuhkan kalsium. Manfaatnya, kalsium bisa menguatkan tulang-tulang ibu hamil yang setiap harinya harus menahan berat badan dan kandungan. Selain itu, kalsium juga bermanfaat bagi proses pertumbuhan tulang bayi.

Konsumsi produk-produk olahan susu seperti susu, keju, dan yogurt, akan sangat bermanfaat bagi ibu hamil.