Cura Pessoal

Cura Pessoal

Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Menghilangkan Lemak Perut

Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Menghilangkan Lemak Perut – Perut yang berlemak dan buncit pastinya dapat mengganggu penampilan. Namun, lebih dari itu, timbunan lemak di perut juga bisa meningkatkan risiko kesehatan. Hal ini terutama berlaku bagi orang dengan kelebihan lemak viseral.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kadar lemak di perut, salah satunya dengan memperhatikan diet. Beberapa makanan memang dapat memicu timbunan lemak di perut, tapi sebagian lainnya justru dapat menghilangkan lemak perut sehingga perut bisa jadi lebih rata dan meningkatkan kesehatan.

Inilah beberapa makanan yang mampu menghilangkan lemak perut, sertakan ke dalam menu makanmu sehari-hari.

1. Alpukat

Sumber Omega-3, Kenali Manfaat Alpukat Mentega

Walaupun dikenal sebagai buah yang berlemak, tapi ternyata alpukat ampuh untuk melawan lemak perut. Sebab, lemak yang terdapat dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantumu kenyang dan tetap langsing.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa partisipan yang makan setengah buah alpukat segar saat makan siang cenderung kurang memiliki keinginan untuk ngemil atau makan lagi sesudahnya. Selain dimakan dalam bentuk segar, alpukat juga bisa diolah dalam bentuk smoothie maupun dipanggang.

2. Biji-bijian utuh

Whole Grain, Biji-Bijian yang Sedang Naik Daun di Kalangan Pecinta Makanan  Sehat

Biji-bijian utuh terkenal akan manfaatnya untuk melindungi kesehatan, termasuk mengurangi lemak perut. Penelitian dalam Framingham Heart Study yang melibatkan lebih dari 2.800 peserta menemukan bahwa asupan biji-bijian berbanding terbalik dengan lemak perut subkutan dan viseral, sedangkan biji-bijian olahan, seperti roti putih, nasi, dan pasta, meningkatkan lemak perut.

Jadi, mulailah konsumsi biji-bijian utuh sebagai sumber utama karbohidrat. Misalnya, ganti menu sarapan atau camilan dengan quinoa, gandum utuh, nasi merah, atau bisa juga popcorn.

3. Telur

Perbandingan Nutrisi Telur Ayam, Telur Bebek dan Telur Puyuh, Mana yang  Lebih Sehat? - Halaman all - Tribun Jogja

Telur merupakan salah satu bahan makanan favorit karena mudah diolah, ekonomis, dengan bergizi tinggi. Kandungan protein dalam telur mampu meningkatkan pembentukan otot dan kolin merupakan pembakar lemak yang hebat. Saat makan telur, pastikan kamu tidak membuang kuning telurnya. Sebab, sekitar setengah dari protein telur ditemukan di dalam bagian kuningnya. Tambahan, kuning telur juga menjadi sumber makanan utama kolin pembakar lemak.

Satu studi dalam Journal of Human Kinetics menemukan bahwa suplementasi kolin dapat mengurangi indeks massa tubuh serta kadar hormon leptin yang bertanggung jawab terhadap rasa lapar.

4. Cuka sari apel

Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Kulit Wajah - Tirto.ID

Cuka sari apel memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, Mengutip dari laman http://poker88asia.info/ , kandungan asam asetat dalam cuka sari apel juga telah terbukti mampu mengurangi timbunan lemak perut dalam beberapa penelitian pada hewan.

Konsumsi 1 atau 2 sendok makan cuka sari apel setiap hari aman bagi kebanyakan orang dan dapat menyebabkan penurunan lemak ringan. Namun, pastikan kamu mengencerkannya dengan air terlebih dahulu, karena cuka apel yang tidak mengencerkan dapat mengikis enamel pada gigi.

5. Salmon

Simple Poached Salmon | Martha Stewart

Salmon merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3, yang terkenal dapat meredakan peradangan dan membantu menghilangkan lemak perut yang tidak menginginkannya.

Menurut study dalam Canadian Journal of Diabetes, lemak sehat ini melawan peradangan dengan meningkatkan kadar adiponektin, yaitu hormon yang meningkatkan metabolisme dan membakar lemak.

6. Bayam

10 Manfaat Konsumsi Bayam untuk Tubuh Halaman all - Kompas.com

Sayuran berdaun hijau tua ini mengandung molekul gula rantai panjang yang terkenal sebagai sulfoquinovose, yang dapat membantu menjaga bagian tengah tubuh agar tetap langsing.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Nature Chemical Biology, sulfoquinovose mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, yang dapat mencegah bakteri jahat berkembang di usus dan menyebabkan inflamasi dan lemak perut. Selain memasak atau merebus, kamu juga dapat mengonsumsi bayam sebagai smoothie dengan menambahkan stoberi, kacang, atau keju.