Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan

Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bagi Kesehatan – Manfaat matahari pagi baik bagi kesehatan tubuh adalah hal yang terlampau sayang untuk dilewatkan. Sinar matahari pada waktu pagi tidak hanya membuat hangat dan indah suasana di pagi hari, namun juga sangat penting untuk kesehatan. Teman Sehat sekalian, sinar matahari ini adalah salah satu sumber kehidupan bagi planet kita. Banyak sekali peran matahari, proses fotosintesis pada tanaman juga memerlukan sinar matahari.

Sinar matahari banyak mengandung Vitamin D, maka bersyukurlah Indonesia mempunyai iklim tropis karena kita bisa menikmati vitamin D gratis sepuasnya, kan? Di samping itu manfaat sinar matahari pagi juga dapat membunuh mikro bakteria, oleh karena itu banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mebuat rumah yang bisa mendapatkan manfaat matahari pagi.

Bukan hanya tanaman yang menyerap dan memetabolisme sinar matahari. Manusia juga melakukannya. Namun, hubungan antara paparan sinar matahari dan kesehatan pada manusia tidak langsung seperti yang kita inginkan.

Gen adalah faktor bagaimana manusia memetabolisme sinar matahari; seperti jenis kulit. Misalnya, orang dengan kulit pucat yang mudah terbakar di matahari cenderung terkena kanker kulit jika terlalu banyak terkena sinar matahari.

Waktu dan durasi paparan juga merupakan faktor penting dalam hal bagaimana tubuh kita memetabolisme sinar matahari.

Dapat meningkatkan kesehatan tulang

Ini adalah fakta yang sudah umum diketahui, bahwa vitamin D merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang menguatkan tulang dalam tubuh. Namun, penelitian yang muncul juga menunjukkan adanya korelasi langsung antara kepadatan tulang dan vitamin D3. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak, yang terbentuk selama proses pembuatan Vitamin D, ketika sinar matahari mengenai kulit. Ini mengatur penyerapan kalsium.

Ketika kamu memiliki kadar vitamin D3 yang lebih tinggi dalam darahmu, kamu berisiko lebih rendah menderita patah tulang dari hampir semua jenis. Di sisi lain, kadar vitamin D3 yang lebih rendah dalam darah dikaitkan dengan tingkat yang lebih tinggi untuk semua jenis patah tulang. Inilah sebabnya mengapa paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

Dapat meningkatkan fungsi otak

Selain meningkatkan kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium vital, para ilmuwan kini telah mengaitkan vitamin D dengan sejumlah fungsi di seluruh tubuh, termasuk fungsi otak. Satu studi yang dipimpin oleh ilmuwan saraf David Llewellyn dari University of Cambridge, menilai kadar vitamin D pada lebih dari 1.700 pria dan wanita dari Inggris, berusia 65 tahun atau lebih, kemudian menemukan fakta bahwa fungsi kognitif berkurang pada subjek dengan kadar vitamin D yang lebih rendah.

Namun, lebih banyak penelitian telah menemukan sinar matahari dapat membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Dapat menyembukan berbagai kelainan kulit

Sinar matahari mampu membantu penyembuhan gangguan kulit, seperti: jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning dan infeksi kulit jamur lainnya. Dalam salah satu studi, misalnya, terapi berjemur luar ruang selama empat minggu berhasil menghilangkan gejala psoriasis secara signifikan pada 84 persen subjek.

Sementara paparan sinar matahari memiliki efek terapi pada kulit dan sinar matahari telah berhasil digunakan untuk mengobati gangguan kulit, metode pengobatan alternatif ini harus dilakukan di bawah pengawasan medis untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi UV dan untuk memastikan manfaat lebih besar daripada risikonya. Jadi, jangan sembarangan juga ya, ketahui batasannya.