Manfaat Melakukan Olahraga HIIT

Manfaat Melakukan Olahraga HIIT

Manfaat Melakukan Olahraga HIIT, –  HIIT atau High Intensity Interval Training adalah olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat yang terdiri dari latihan intens dengan waktu istirahat yang sangat sebentar. Dibutuhkan kira-kira 45 detik untuk satu jenis exercise dan 10 detik untuk istirahat sebelum dilanjutkan ke exercise berikutnya.

Olahraga yang satu ini sudah dikenal ampuh untuk menurunkan berat badan, selain itu masih ada manfaat lainnya, lho! Berikut manfaat dari latihan HIIT.

Meningkatkan kesehatan jantung

Melakukan olahraga HIIT selain untuk membakar kalori ternyata juga berdampak baik pada kesehatan jantung pada orang yang sehat atau tidak memiliki penyakit jantung. Dilansir dari laman Medical News Today, olahraga HIIT mampu membantu menormalkan tekanan darah, kadar glukosa dan juga kolesterol.

Kadar kolesterol dan glukosa yang berlebih pada tubuh bisa menyebabkan penyakit komplikasi pada tubuh, mulai dari hipertensi, diabetes, hingga stroke.

Tidak perlu menggunakan peralatan fitness

Lebih Cepat Membakar Kalori, 5 Manfaat Melakukan Olahraga HIIT

Selain waktu yang digunakan tidak terlalu lama, olahraga HIIT juga tidak perlu menggunakan peralatan fitness layaknya di tempat gym. Gerakan yang bisa kamu lakukan pada olahraga HIIT antara lain, squat, high knees, lunges, plank, dan jumping jacks. Cukup lakukan gerakan tersebut dengan benar dan dalam waktu yang tidak lama kamu merasakan berkeringat.

Lebih cepat membakar lemak tubuh

Dengan melakukan HIIT otomatis tubuh kita bergerak lebih cepat, otomatis pembakaran lemak pun juga lebih cepat. Dalam jurnal “The Effect of High-Intensity Intermittent Exercise on Body Composition of Overweight Young Males” tahun 2012 melakukan penelitian pada perempuan usia muda dengan kelebihan berat badan yang melakukan olahraga HIIT dalam waktu 20 menit selama 12 minggu bisa menurunkan berat badan hingga 2,5 kilogram tanpa ada perubahan pola makan sehari-hari.

Hasil ini terlihat usai menyelesaikan program olahraga HIIT dalam kurun waktu 12 minggu.

Meningkatkan massa otot

Lebih Cepat Membakar Kalori, 5 Manfaat Melakukan Olahraga HIIT

Selain berat badan yang turun, olahraga HIIT juga efektif dalam membentuk dan meningkatkan massa otot. Tubuh akan menghasilkan hormon yang mana fungsinya merangsang pertumbuhan otot. Dengan melakukan olahraga ini lemak dalam tubuh akan terbakar dan massa otot akan meningkat. Memiliki massa otot yang akan membuat tubuhmu terlihat lebih berisi.

Melakukan olahraga HIIT bisa meningkatkan kesehatan mental

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, ternyata olahraga HIIT juga memberikan dampak bagi kesehatan mental. Dalam jurnal “Effectiveness of High-Intensity Interval Training on The Mental and Physical Health of People with Chronic Schizophrenia” tahun 2015, melakukan penelitian terhadap pengidap gangguan mental skizofrenia kronis dan didapatkan hasil yang menunjukan kondisinya semakin membaik.

***

Setelah kamu membaca ulasan tersebut pasti tertarik, kan untuk mencobanya? Namun perlu diperhatikan, kamu tidak harus memaksakan tubuhmu jika memang sudah tidak sanggup untuk melakukan olahraga HIIT. Selain gerakannya cepat, waktu untuk istirahat pun juga singkat hanya beberapa detik. Lakukan olahraga ini sesuai dengan kemampuan tubuhmu dan secara rutin.