Menjaga Kesehatan Mata yang Benar

Cara Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah untuk Sehari-hari

Menjaga Kesehatan Mata yang BenarSiapa yang bisa sangka, asupan makanan sehari-hari bisa memengaruhi kesehatan mata. Jika ingin indra penglihatan ini selalu sehat, cobalah untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E, asam lemak omega-3, zink, dan lutein.

Di zaman sekarang, kita sudah tidak memperhatikan kesehatan mata kita lho . Lantaran kita sering memperhatikan layar  gadget , komputer dan lainnya dalam waktu yang lama. Berbagai hiburan seperti video di YouTube, berita-berita. Itu sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan dan kemampuan yang kita lihat.

Nah kami akan membagikan tip ini. Berikut curapessoal.com menyediakan cara kesehatan mata yang sederhana dan mudah untuk kamu terapkan sehari-hari. Jadi kamu tidak perlu banyak biaya untuk dilakukan.

  • Memastikan tangan dan lensamu bersih

Matamu sangat rawan terhadap infeksi bakteri dan kuman. Sekecil apapun iritasinya, itu bisa mempengaruhi kesehatanmu. Oleh karena itu, kamu perlu memegang tangan yang bersih sebelum memegang matamu atau mengatur kontak lensamu.

  • Dapatkan vitamin dan mineral yang cukup

Vitamin A, C dan E, dan juga seng yang mengandung antioksidan dapat mengurangi risiko  degenerasi makula , suatu masalah pada retina. Kandungan-makanan ini seperti sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, paprika hijau, brokoli, bayam, stroberi dan kentang manis. Ikan seperti salmon juga sangat direkomendasikan untuk kesehatan matamu.

  • Mengetahui riwayat kesehatan keluargamu

Beberapa gangguan merupakan hasil dari keturunan. Dengan memahami riwayat kesehatan orang tua hingga kakek, dapat membuatmu mengambil langkah-langkah. Gangguan penglihatan yang dipublikasikan adalah glaukoma, degenerasi retina, degenerasi makula terkait usia,  serta atrofi optik.

  • Jangan lupa karotinoid

Beberapa nutrisi juga dapat membantu penglihatan, seperti  lutein  dan  zeaxanthin . Itu juga terkandung di brokoli, telur dan  zucchini . Nutrisi ini juga bisa didapat melalui suplemen-suplemen. Kegunaan nutrisi tersebut adalah untuk perlindungan mata dari sinar ultraviolet.

  • Berhenti merokok

Efek negatif yang diakibatkan oleh efek samping. Mulai dari kerusakan paru-paru dan jantung, rambut, kulit dan lainnya. Itu termasuk matamu. Risiko katarak dan degenerasi makula memburuk  karena kamu merokok.

  • Tetap bugar

Menjaga tubuh agar tetap bugar. Diabetes tipe 2 yang umum diderita oleh mereka yang mengalami obesitas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan darah. Kebocoran darah dapat dialami dan akan terlihat.

  • Mengikuti aturan 20-20-20

Matamu juga sangat membutuhkan waktu istirahat. Ketegangan pada mata dapat mengurangi kemampuan penglihatan. Oleh karena itu kamu harus melewati aturan 20-20-20: setiap 20 menit, kamu harus berhenti memandang layarmu dan pindah ke objek naik 20 kaki selama 20 detik.

  • Menggunakan pelindung mata

Entah itu sedang bekerja di garasi atau sedang melakukan percobaan, lakukanlah, gunakanlah pelindung mata yang baik. Pelindung mata berguna untuk melindungi matamu dari cipratan bahan kimia, benda tajam, dan bahan-bahan kecil lainnya yang mampu menyebabkan kebutaan. Kacamata hitam juga termasuk di dalamnya. Pilihlah yang mampu melindungi radiasi UVA dan UVB juga tidak perlu gelap.

Nah, terkait beberapa tips tentang kesehatan mata yang mudah diterapkan sehari-hari. Ketimbang kamu menggunakan kacamata berlensa, lebih baik dilindungi matamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *