Obat Alami untuk Atasi Sariawan

Obat Alami untuk Atasi Sariawan

Obat Alami untuk Atasi Sariawan, – Sariawan atau kandidiasis oral adalah infeksi jamur pada mulut. Ini terjadi karena adanya penumpukan jamur Candida Albicans di lapisan mulut. Sariawan bisa terjadi pada orang dewasa ataupun anak-anak.

Penyebab sariawan yang umum adalah saat daya tahan tubuh melemah, kekurangan vitamin B12 dan asam folat serta adanya infeksi bakteri atau jenis virus tertentu. Dalam beberapa kasus, trauma jaringan lunak mulut dapat menyebabkan sariawan.

Melansir dari https://stof-dk.com/, Sariawan bisa menyerang siapa saja. Biasanya sariawan disebabkan oleh adanya jamur Candida Albicans yang menumpuk pada lapisan mulut. Sedangkan secara umum, penyebab sariawan adalah kurangnya asam folat, vitamin B12, atau juga adanya infeksi bakteri. Meskipun sariawan bukanlah suatu hal yang membahayakan, tapi tetap saja keberadaannya membuatmu merasa tidak nyaman, kan?

Adanya sariawan dalam mulut bahkan bisa membuatmu hilang mood untuk berbicara, makan, atau kumpul bersama teman. Meskipun sariawan tidaklah berbahaya. Namun keberadaannya membuat kita merasa kurang nyaman terutama saat makan dan berbicara.

Air garam

Ternyata garam tidak hanya berguna sebagai bumbu dapur, tapi juga berperan sebagai pembersih atau antiseptik lho. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan garam sebagai obat rumahan yang alami untuk atasi sariawan.

Cara penggunaannya pun terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam setengah gelas air putih, lalu gunakanlah larutan tersebut sebagai obat kumur. Kamu bisa melakukannya berulang kali sesuai dengan kebutuhan, sehingga sariawan akan lebih mudah mengering.

Yogurt

Bukan hanya enak untuk dinikmati, ternyata yogurt juga dapat digunakan sebagai obat sariawan. Kandungan bakteri baik yang terdapat pada yogurt dapat membantu mengembalikan kesimbangan bakteri jahat dan bakteri baik dalam mulut. Namun, ingatlah untuk memilih yogurt yang tidak memiliki tambahan pemanis, ya! Karena kandungan gula ternyata dapat memudahkan tumbuhnya jamur pada mulut.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman pada mulut saat sariawan. Memiliki sifat inflamasi dan penenang, lidah buaya dapat menutup luka sariawan sekaligus meringankan rasa nyeri yang berlebih lho!

Cara penggunaannya pun terbilang mudah. Kamu cukup mengoleskan daging lidah buaya pada sariawan dan membiarkannya selama kurang lebih dua puluh menit. Kemudian, kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat. Lakukan cara ini hingga beberapa kali dalam sehari untuk obati sariawanmu secara tuntas!

Madu

Kandungan antibakteri dan antiradang yang dimiliki oleh madu dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, memperkecil ukuran sariawan, menyembuhkan peradangan dan juga mencegah adanya infeksi di dalam mulut. Oleh karena itu madu menjadi obat yang mujarab untuk menyembuhkan sariawan. Kamu juga bisa mengonsumsinya sekaligus menjadikannya sebagai obat oles pada sariawan.