Penyakit Mulut Ini Disebabkan oleh Jamur

Penyakit Mulut Ini Disebabkan oleh Jamur

Penyakit Mulut Ini Disebabkan oleh Jamur, – Tidak hanya kulit atau alat kelamin saja, ternyata terdapat pula infeksi jamur di mulut manusia. Bila di dalam mulut Anda terdapat ruam putih aneh seperti sariawan, hal itu bisa disebabkan oleh jamur jenis candida yang berkembang biak. Apa saja ciri-ciri mulut yang terinfeksi jamur?

Candida albicans adalah jamur yang umum ditemukan pada rongga mulut, saluran pencernaan, dan vagina. Walaupun termasuk mikroorganisme yang merupakan flora normal, tetapi kehadirannya ini bisa menyebabkan penyakit apabila terjadi gangguan atau perubahan pada lingkungan hidup jamur tersebut.

Dikutip dari laman http://utowndc.com, Di rongga mulut, jamur Candida albicans dapat menyebabkan beberapa penyakit jika keadaannya sudah menjadi patogen. Kamu harus tahu apa saja penyakit yang ditimbulkannya. Berikut ini daftarnya, simak baik-baik, ya!

1. Oral thrush

Kandidiasis pseudomembranosa atau yang umum dikenal dengan oral thrush merupakan salah satu penyakit mulut yang penyebab utamanya adalah jamur Candida albicans. Biasanya, penyakit tersebut dapat muncul pada orang yang sedang dalam terapi kortikosteroid atau sedang mengonsumsi imunosupresan. Selain orang dewasa, oral thrush juga bisa menyerang bayi yang baru lahir.

Berdasarkan keterangan dari sebuah laporan dalam Majority tahun 2015, tampilan dari oral thrush ini adalah adanya beberapa plak putih yang merupakan kumpulan dari hifa, dan hal ini dapat dibersihkan. Biasanya, kondisi tersebut muncul di bagian lidah. Pasien yang mengalami oral thrush akan merasakan sensasi seperti tersengat ringan atau sulit dalam mengecap.

2. Angular cheilitis

Angular cheilitis adalah suatu peradangan pada sudut mulut yang tampak sebagai bercak berwarna pucat keputihan. Selain itu, pada sudut mulut juga akan tampak adanya garis kemerahan disertai rasa nyeri.

Sebuah studi dalam Majalah Kedokteran Gigi Indonesia tahun 2015 menyebutkan bahwa angular cheilitis sering ditemukan pada anak-anak, lansia, serta pada orang-orang usia produktif yang tidak memiliki sistem imun yang baik (immunocompromised). Misalnya pada pasien HIV/AIDS.

Kondisi tersebut dapat membuat adanya angular cheilitis menjadi salah satu bentuk deteksi dini dari infeksi HIV, lho.

3. Kandidiasis eritematosa

Ternyata, infeksi jamur Candida albicans tidak selalu memberi penampilan adanya lesi putih pada jaringan. Pada penyakit erithematous candidiasis ini, tidak ditemukan adanya plak putih, melainkan adanya daerah yang eritema atau kemerahan yang disertai sedikit perdarahan di sekitar lesi.

Masih menurut laporan dalam jurnal Majority tahun 2015, penyakit ini dapat terjadi di mana saja pada rongga mulut, tetapi sering kali menyerang daerah lidah, jaringan lunak pipi, dan langit-langit mulut.

4. Denture stomatitis

Denture stomatitis adalah peradangan pada jaringan lunak mulut yang tertutupi oleh bagian gigi tiruan atau gigi palsu. Sering kali, gambaran klinis dari denture stomatitis berupa bentukan kemerahan, dapat atau tanpa disertai adanya nodul pada daerah yang berkontak dengan gigi tiruan, seperti pada langit-langit mulut.

Faktor-faktor yang menyebabkan denture stomatitis adalah adanya trauma atau cedera dari gigi tiruan yang tidak stabil dan tentunya keterlibatan mikroba jamur Candida albicans. Menurut sebuah studi dalam Jurnal Kedokteran Gigi tahun 2017, pertumbuhan jamur Candida albicans ditemukan pada 70 persen penderita denture stomatitis.

5. Kandidiasis hiperplastik

Kandidasis hiperplastik atau leukoplakia kandida memiliki tampilan adanya plak putih pada bagian tepi pinggir lidah. Tepi dari lesi ini juga tampak tegas dan bisa disertai beberapa daerah yang mengalami kemerahan. Selain itu, lesi ini tidak dapat dibersihkan.

Kandidasis hiperplastik dapat disembuhkan dengan terapi antijamur secara rutin sesuai dengan instruksi dokter. Sebagai informasi tambahan, kondisi ini paling sering menyerang perokok. Jadi, untuk kamu yang perokok, waspadai penyakit ini. Akan lebih baik lagi bila kamu berhenti demi kesehatan tubuh yang lebih baik secara keseluruhan.

***

Itulah jenis penyakit yang penyebabnya adalah infeksi jamur Candida albicans. Bila mengalami gejala-gejala yang disebutkan di atas tadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu, ya!