Penyebab Kamu Gak Bisa Mendengar dengan Jelas

Penyebab Kamu Gak Bisa Mendengar dengan Jelas

Penyebab Kamu Gak Bisa Mendengar dengan Jelas, – Bindeng adalah kondisi dimana salah satu atau kedua telinga tidak bisa mendengar suara dengan jelas. Seperti ada sesuatu yang meredamnya. Telinga yang bindeng tentu akan mengganggu pendengaran dan membuat orang yang mengalaminya jadi tidak nyaman.

Biasanya telinga menjadi bindeng pada saat sedang berada di ketinggian atau sehabis berenang. Selain tidak bisa mendengar suara dengan jelas, gejala lain dari telinga yang bindeng adalah muncul bunyi denging. Telinga terasa penuh dan sakit, serta menyebabkan sakit kepala dan gangguan keseimbangan.

Penyebab telinga bindeng bisa bermacam-macam, umumnya disebabkan karena kondisi yang ringan seperti kotoran telinga yang menumpuk, mendengar musik terlalu keras, dan flu. Bindeng yang disebabkan oleh hal-hal tersebut termasuk kondisi yang tidak terlalu serius dan biasanya mudah diobati. Namun, telinga yang bindeng juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius.

Untuk sekarang, kebanyakan dari perhatian kita tertuju pada kesehatan mata lantaran pada zaman modern ini. Mata kita lebih sering menatap layar komputer atau televisi ketimbang alam atau keadaan sekitar. Hal itu menyebabkan kita melupakan kondisi bahwa tidak hanya mata saja yang perlu diperhatikan, tetapi juga bagian tubuh yang lain seperti telinga.

Melansir dari https://superbandar.live/, Di Amerika sendiri berdasarkan advancehearing.com, dua dari 10 orang dewasa di sana mengalami gangguan pendengaran. Itu berarti sekitar 38 juta warga Amerika sana memiliki pendengaran yang tidak sempurna.

Korek kuping

Adalah hal yang sangat mengganggu ketika dalam telingamu terasa gatal dan serasa ingin mendapat jasa korek kuping. Tapi perlu diingat jika telinga sangat sensitif.

Dengan menggunakan korek kuping atau objek apapun untuk membersihkan telingamu itu sangatlah berbahaya dan dapat melukai gendang telinga. Hal ini sangat menyakitkan dan dapat mempengaruhi pendengaranmu.

Obat

Ada kalanya pendengaran yang rusak tidak datang secara langsung dari objek luar yang masuk ke dalam telinga, namun bisa datang dari apa yang kamu telan. Dalam hal ini adalah obat.

Dinamakan obat ototoxic, gejala yang kamu peroleh adalah mendapatkan vertigo dan tinnitus. Dalam beberapa waktu pendengaran dapat pulih kembali setelah tidak lagi mengonsumsi obatnya, akan tetapi beberapa dapat mengakibatkan gangguan permanen.

Merokok

Terdapat substansi-substansi berbahaya yang ada di rokok, seperti nikotin. Hal itu termasuk oxotoxic yang dapat mengganggu pendengaranmu. Data statistik menyebutkan jika 70 persen orang yang merokok memiliki risiko lebih besar untuk kehilangan pendengaran ketimbang non-perokok.

Headphone

Berdasarkan data dari World Health Organisation (WHO), musik bervolume keras adalah salah satu yang menyebabkan berkurangnya kualitas pendengaran. Semakin keras volume yang didengarkan, maka semakin pendek pula waktu untuk mendengarkannya.

Contohnya adalah ketika kamu mendengarkan musik dengan volume 60 persen, maka kamu harus mengatur jadwal untuk hanya mendengarkan musik selama 60 menit. Sebaliknya jika kamu mendengarkannya dengan volume maksimum, maka sebaiknya kamu hanya mendengarkan lima menit per hari.