Penyebab Rasa Pahit di Lidah

Penyebab Rasa Pahit di Lidah

Penyebab Rasa Pahit di Lidah, – Saat ini sedang sakit, nafsu makan akan berkurang drastis, dari porsi makan yang sedikit meningkat hingga sedikit orang sakit yang memilih untuk tidak makan sama sekali.

Sehingga membutuhkan asupan makanan melalui infus agar kondisinya tidak semakin memburuk.

Hal ini terjadi karena lidah yang terasa pahit sehingga tidak terasa enak saat bersentuhan dengan makanan apa pun.

Rasa pahit di lidah atau rasa tidak enak di mulut bisa menjadi reaksi normal untuk makan makanan yang pedas atau asam. Namun saat rasanya bertahan lama atau terjadi secara tak terduga, Anda perlu memperhatikannya.

Rasa adalah sesuatu yang kompleks dan dapat berpengaruh oleh banyak faktor, termasuk kebersihan gigi yang buruk, mulut kering atau saat terjadinya kehamilan.

Dysgeusia adalah suatu kondisi di mana lidah merasakan rasa busuk asin, sensasi rasa tengik, atau logam yang bertahan dalam mulut.

Penderita dysgeusia bisa saja mengalami rasa konstan yang sering mereka gambarkan sebagai rasa pahit, seperti rasa logam, tengik, dan asin. Rasanya bisa mengganggu dan bahkan mungkin membuat sulit untuk merasakan hal-hal lain ketika sedang makan atau minum.

Perubahan rasa yang menetap di mulut secara medis dikenal sebagai dysgeusia. Rasa ini digambarkan tidak menyenangkan dan dapat bertahan lama sampai penyebab yang mendasarinya diobati.

Seseorang masih memiliki rasa bahkan setelah menggosok gigi. Mereka juga dapat mengalami gejala lain tergantung pada penyebabnya. Penyebab rasa pahit di mulut tidaklah serius, namun gejalanya dapat mengganggu, terutama dalam hal makan.

Berikut ini penyebab rasa pahit di lidah ataupun mulut:

Stres dan cemas berlebihan

Tingkat stres dan kecemasan yang tinggi dapat merangsang respons stres dalam tubuh, seringkali mengubah indera perasa seseorang. Kecemasan dapat menyebabkan mulut kering, yang seringkali menghasilkan rasa pahit.

Mulut kering

Mulut kering juga dikenal sebagai xerostomia, terjadi ketika mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup. Karena air liur dapat membantu mengurangi bakteri di mulut, sehingga ketika kita memiliki sedikit air liur berarti banyak bakteri dapat bertahan hidup.

Orang dengan xerostomia akan merasakan lengket, perasaan kering di mulut. Ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor seperti obat-obatan, gangguan yang sudah ada sebelumnya atau penggunaan tembakau. Seseorang juga bisa mendapatkan mulut kering jika hidungnya tersumbat karena bernapas melalui mulut bisa mengeringkannya.

Pengobatan kanker

Rasa pahit di lidah disebabkan karena seseorang sedang menjalani perawatan kanker sehingga mengalami rasa tidak enak di mulut ketika mereka makan dan minum. Kemoterapi dan pengobatan radiasi dapat mengiritasi selera pada beberapa orang yang dapat menyebabkan makanan sederhana seperti roti tawar atau air putih jadi memiliki rasa pahit.

Kehamilan

Rasa pahit di lidah saat hamil adalah keluhan yang umum dialami oleh wanita hamil trimester pertama. Hormon dalam tubuh berfluktuasi selama kehamilan. Variasi ini dapat memperngaruhi indera yang dapat menyebabkan ngidam makanan tertentu dan membuat beberapa makanan atau aroma tampak tak enak.

Banyak orang hamil juga merasakan rasa logam atau phit di lidah ataupun mulut. Ini bisa mengganggu, tetapi biasanya hilang kemudian pada kehamilan atau setelah melahirkan.

Masalah Gigi

Kebersihan gigi yang buruk juga dapat menyebabkan rasa pahit di mulut. Ini juga dapat menyebabkan peningkatan rongga, infeksi dan penyakit gusi atau radang gusi. Jika terjadi masalah gigi, sebaiknya gunakan obat kumur antibakteri di sela-sela menyikat untuk dapat menjaga agar bakteri yang tercemar tercium seminimal mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *