Tips Hidup Sehat untuk Penderita Hepatitis C

Tips Hidup Sehat untuk Penderita Hepatitis C

Tips Hidup Sehat untuk Penderita Hepatitis C, – Penyakit hepatitis adalah salah satu gangguan kesehatan yang ditakuti oleh banyak orang. Hal ini karena penyakit tersebut bisa menyebabkan organ liver (hati) kehilangan fungsinya sama sekali, sehingga keselamatan jiwa penderita bisa terancam.

Hepatitis itu sendiri adalah sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi virus pada liver. Penyakit tersebut terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Jenis hepatitis yang paling sering dijumpai di masyarakat adalah hepatitis A, B dan C.

Hepatitis C merupakan infeksi virus pada hati. Jika hepatitis C berlangsung dalam jangka panjang, dan biasanya memang begitu, mendapatkan perawatan medis yang sesuai membantu mencegah komplikasi serius seperti sirosis dan kanker hati.

Selain itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat akan membantu melindungi hati dan meningkatkan kesejahteraan orang-orang yang memiliki penyakit ini.

Virus hepatitis C ditularkan melalui paparan darah pederita (transfusi darah, jarum suntik, tato, dan persalinan). Kendati begitu, kontak seksual dan menggunakan barang seperti pisau cukur atau sikat gigi bergantian dengan penderita hepatitis C lebih jarang menularkan virus terkait.

Makan makanan sehat

Kalau kamu memiliki hepatitis C, makan makanan bergizi lengkap seimbang dapat membantu organ hati bekerja lebih baik serta mengurangi berkembangnya penyakit sirosis hati.

Pilihan makanannya adalah biji-bijian, buah-buahan dan sayuran, susu rendah lemak atau produk susu lainnya, serta makanan berprotein sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan kering.

Tetap rajin olahraga

Olahraga teratur akan membantu meningkatkan kesehatan total dan mengelola efek samping obat seperti kelelahan dan depresi.

Tak perlu repot pergi ke gym. Olahraga intensitas ringan seperti joging, jalan santai, atau renang sudah cukup, setidaknya 30 menit setiap hari. Yang penting tubuhmu harus aktif terus setiap hari.

Kelola stres dengan baik

Hidup dengan penyakit kronis seperti hepatitis C memang tak mudah dan sering kali bikin stres. Kalau kamu merasa stres, cobalah untuk meredakannya. Bisa dengan jalan-jalan sebentar, menarik napas dalam, meditasi, melakukan yoga ringan, atau melakukan hobi.

Selain itu, pastikan untuk istirahat cukup untuk mencegah dan mengusir kecemasan yang dirasakan. Bila punya masalah, jangan ragu untuk curhat dengan orang-orang terdekat yang kamu percaya dan selalu mendukungmu.

Berhati-hati dengan konsumsi suplemen

Hindari konsumsi suplemen dengan kandungan komprei, kava, pennyroyal, valerian, dan mega dosis vitamin A, D, E, dan K. Jika kadar zat besi kamu tinggi, maka jangan konsumsi multivitamin dengan kadar zat besi dan vitamin C yang tinggi. Paling amannya, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.