Vitamin Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata

Penting, Vitamin Ini Wajib Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata

Vitamin Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Mata – Penting utnuk memahami bahwa selain menjaga asupan makanan yang kaya anak vitamin A, gaya hidup dan kondisi medis nyatanya ikut memengaruhi kesehatan mata.

Kebijakan Work From Home yang digalakkan pemerintah untuk menekan persebaran COVID-19 memberi perubahan signifikan terhadap kehidupan masyarakat. Sistem yang awalnya berbasis luar jaringan (offline) berubah ke dalam jaringan (online). Memaksa masyarakat untuk berhadapan dengan teknologi digital seperti laptop, komputer, atau gawai dalam jangka waktu tertentu.

Kita tentu paham, terlalu lama bekerja di depan komputer bisa mengganggu kesehatan terutama berhubungan dengan kesehatan mata. Oleh karena itu, mata membutuhkan nutrisi salah satunya berupa vitamin untuk menjaga kesehatannya terlebih lagi di saat kebijakan WFH digalakkan. Konsumsi vitamin juga dapat menjadi tindakan  pencegahan terhadap penyakit mata lainnya dan kesehatan secara menyeluruh.

Vitamin B1 (Tiamin)

Tiamin atau vitamin B1 memiliki kemungkinan yang efektif untuk mengurangi risiko katarak. Tiamin juga memiliki peran penting dalam fungsi sel yang sehat dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Sebuah studi klinis telah menemukan bukti ilmiah bahwa 100 mg tiamin yang diminum tiga kali sehari dapat mengurangi jumlah albumin dalam urin –indikasi yang berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2. Sumber tiamin yang mudah kita temukan seperti biji-bijian, ikan, dan daging.

Vitamin B3 (Niasin)

Niasin atau vitamin B3 memiliki fungsi utama membantu mengubah makanan menjadi energi di samping berperan sebagai antioksidan. Studi menunjukkan bahwa niacin berperan terhadap pencegahan glaukoma yaitu kondisi di mana saraf optik mata mengalami kerusakan. Perlu diperhatikan bahwa ada baiknya kita mengonsumsi niasin secara alami. Kandungan niacin dapat kita jumpai di kacang-kacangan, ikan, jamur, dan daging sapi.

Memastikan Makanan yang Ampuh Menjaga Kesehatan Mata Bisa Tercukupi

Vitamin C

Vitamin C kaya akan antioksidan. Alasan lain tubuh membutuhkan vitamin C yakni untuk menghasilkan kolagen sehingga dapat memberi struktur pada mata terutama sklera dan kornea. Berbagai penelitian observasional mengungkapkan bahwa konsumsi vitamin C secara teratur menurunkan risiko penyakit katarak dan penyakit mata yang mengganggu penglihatan. Vitamin C banyak kita temukan dalam buah jeruk, lemon, paprika, dan brokoli.

Vitamin A

Menjadi nutrisi vital untuk membantu melindungi mata khususnya di bagian kornea dan mempertahankan kejernihan. Penelitian mengungkapkan bahwa vitamin A juga merupakan komponen dasar rhodopsin –protein yang ditemukan di mata- untuk membantu seseorang melihat dengan jelas meskipun pengaturan cahaya rendah.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin atau vitamin B2 memiliki peran sebagai antioksidan yang memiliki potensi mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Studi memaparkan bahwa ketika seseorang mengonsumsi 1,6 sampai 2,2 mg riboflavin per hari, maka akan terjadi penurunan 31 sampai 51 persen terhadap perkembangan risiko penyakit katarak.

Jadi, jangan lupa mengonsumsi makanan kaya vitamin, ya.